Welcome to Rere Blegoeg .. !!


Jumat, 14 Mei 2010

Seluk Beluk DRUM

Drum. Seperti yg saya jelaskan di Pengertian Drum % Simbal, Drum merupakan salah satu dari perkusi, yg dimainkan secara dipukul. Drum sudah ada sekitar 40.000 tahun yg lalu. Perhatiin gambar drum set Terry Bozzio di samping, sangar tenaaaann ... !! Liat tuhh, tomnya buanyaakk .... Pedalnya,, wuiiihh ... !! Bingung mau main yg mana ... !! Simbalnya luar biasa .... Bahkan da Gong-nya .. !! Eits, ni drum, bukan simbal. Biasanya drum set yg Paling sederhana terdiri dari Snare, Bass drum, Tom 1, Tom 2, Floor Tom. INGAT.. !! Floor masih termasuk tom n floor bisa sampai segede bass drum untuk musik Jazz. Yuuk kita mulai...
Kita mulai dari SNARE. Snare biasanya berukuran 10-16 inchi. Snare adalah unsur yg paling berbeda dari yg lainnyan merupakan usnur utama drum set. Yang menjadi perbedaan dari snare adalah dibagian bawah snare terpasang kawat2 berbentuk spiral yg dinamakan SNARE WIRES/STRAINER. Jika kamu memukul head atas, maka strainer akan segera merespon dengan cara 'memukul' head bawah dan menghasilkan suara yg tajam. Coba dehh strainer dikendorin, pasti suaranya kaya' tom kn ?? Nahh , itulah perbedaan snare dg unsur lain. Bisa disebut strainer nthu jiwanya snare dehh .. !! Kita lanjut ke tom. Tom atau tom-tom terdiri atas berbagai ukuran. Beda2 dehh dari mulai dari diameter, kedalaman mpe ketebalan kayu. Ukuran tom mulai dari 6 inchi(yg paling kecil), lanjut mpe 24 inchi(untuk permainan Jazz). Biasanya ukuran 14 ke atas termasuk floor tom, tapi gx pasti c , tergantung peletakannya dimana. Tom menggunakan 2 drumhead, kecuali pada tahun 70-an, tom hanya memakai 1 drumhead n suaranyaa ... gx bisa dibayangin dehh .... Shell/badan tom terbuat dari kayu yg biasanya ketebalannya antara 4 sampai 10 mm. Semakin tipis kayunya, semakin kaya n tajam suara yg dihasilkan. Tetapi, semakin tebal kayunya, semakin mati suaranya(kaya' bass drum). Lanjut lagi ke bass drum. Tahu kn letaknya dimana ?? Yupz, di depan n peletakannya tidak seperti tom, peletakannya terbalik. Ukuran diameter bass drum cenderung lebih besar dari tom, antara 18-30 inchi. Tidak seperti tom yg memiliki suara 'dung....', bass drum memiliki suara yg lebih tebal, 'dug...' .. Ini dikarenakan ketebalan shell bass drum yg lebih tebal dari tom. Berikut adalah perkusi lain yg biasanya dipakai pada drum. Octobans. Bentuknya seperti tom, cuma memiliki kedalaman yg lebih panjang, tidak memakai head bawah n ukurannya cenderung lebih kecil dari tom. Suara yg dihasilkan mirip tom, hanya lebih nyaring. Berikutnya tymps/ketipung. Bentuknya mirip snare, hanya saja tidak memakai head bawah n memiliki suara yg mirip snare yg tidak dipakaikan peredam.
Nahh, segitu dlu yg bisa qw sampaikan ... Sbnrnya masih banyak perkusi lain, tapi ne tangan dh cape.. :-P,, tapi unsur utamanya dh kn ??

1 komentar:

  1. brow masa the rev pedalnya 3 sih?
    bukannya 2?
    yg bner yg mana?

    gw sevenfoldism pemalang

    BalasHapus