Welcome to Rere Blegoeg .. !!


Kamis, 13 Mei 2010

Seluk Beluk STIK

Nahh, sekarang giliran stik yang nongol nehh.. Setelah melihat Pengertian Drum % Simbal, sekarang giliran kalian mengetahui tentag stik. Kalo kalian main drum pakee ?? Yapz, pake stik.. Mw pake tangan ?? Atiithh ... Pake stik dund.. STIK merupakan alat pemukul drum yang berbentuk lonjong dan panjang. Berbagai ukuran stik diciptakan untuk memenuhi kebutuhan drummer dari berbagai genre musik, seperti Ukuran 7A yg paling kecil. Panjangnya sekitar 15 inchi dg diameter sekitar 0.540 inchi. Stik ukuran ini susah untuk dikontrol. Biasanya untuk musik yg ringan2 seperti pop, dangdut. Jadi, yg udah profesional mending jangan ini dehh(tapi selera sii), mending ukurannya 5A/5B aja. Stik ukuran 5A cenderung lebih besar dari 7A dg diameter 0.550 inchi n panjang sekitar 16 inchi. Stik ini adalah ukuran yg pas untuk segala jenis musik, tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil, n bisa dipake buat segala jenis musik sampai yg keras seperti metal. Stik ukuran 5B, sedikit lebih besar dan lebih panjang dari 5A, dg diameter 0.595 inchi dan panjang 16+ inchi. Stik ukuran ini dipakai oleh drummer2 rock n metal seperti The Rev. Ukuran lainnya adalah 2B(kayak pensil ajahh), stik yg menurutqw gedheenyaa minta ampun. Yaa, gedhe lahh .. Untuk musik metal, Lars Ulrich pake ini tuhh.. Contoh merk stik adalah TAMA, JOHNNY RABB, VATER, PRO-MARK, AHEAD, REGAL TIP, VIC VIRTH n ZILDJIAN. Merk Zildjian memiliki stik yg cenderung lebih besar dari yg lainnya. Ukuran jenis Rocknya saja sangat besar dengan tip yg besar juga. Tapi, di anjurkan untuk tidak memakai stik ukuran yg besar karena dapat merusak frame dan mempercepat pecahnya simbal. Mending jangan dehhh ..... Kn banyak merek stik lain yg ukurannya proporsional.

Bahan Stik

Stik terbuat dari apa coba ?? Yg gx tau kebangetan lahh .... Dari kayu. Kayu yg biasanya dibuat untuk stik adalah kayu American Hickory, Japanese Oak n Maple. Sama halnya simbal, setiap kayu memiliki karakteristik yg berbeda beda. Katanya sii, kayu maple paling enak buat stik, tapi yg bikin gx enak tuhh ... Harganya.. !! Hahaha ... Eits, qw yakin, pasti pada kepikiran gne 'harga stik kn murah .. Antara Rp 9.000 sampe Rp 13.000 ..' Huzz . !! Itu stik abal2 alias palsu... Kalo stik asli harganya sampe 100.000, bahkan Stik AHEAD LASER(dipake oleh Lars Ulrich) sepasangnya seharga Rp. 3.000.000 .. !! Hadohh, hadooohh .... Tapi gx masalah palsunya, kn untuk latihan di rumah. Kalo misalnya dh profesional n diendorse oleh merk stik tertentu lhaa ,, agak malu kalo beli stik abal2.. Tapi gx ada salahnya juga beli yg asli. Bagus malahh .... Tunggu dulu, ada yg istimewa. Di atas liat merk Stik AHEAD ?? Stik merek tersebut tidak terbuat dari kayu melainkan dari sejenis PLASTIK yg kuat dan rangka dalamnya terbuat dari besi. Harganya juga istimewa, sekitar Rp. 200.000. Kalo di Amrik mah $35.. Tapi jamin kuat dehh, bertahan sampai 6 bulan lebih bisaaaa ... Sekalipun dari bahan bukan kayu, stik tetap stik yg dapat patah. Tapii, gayanya itu lhoo .. Mantabh boss .. Tapi, kelemahannya juga ada. BUKAN KAYU, suara tidak natural, saat melakukan rimshot, jika memakai stik kayu memang sangat mantabh keluarnya, 'Thackk!!'.. Tapi stik ini mengeluarkan suara 'Thuck!!.' intinya stik ini mengeluarkan suara yg tidak natural.

'Badan' Stik

'Badan' stik terdiri dari TAPER n TIP.
  • Taper. Taper adalah bagian antara badan n tip. Bentuk2 taper mempengaruhi bagaimana gerakan stik.
  • Tip. Tip adalah pucuk dari stik. Itu louhh, yg biasanya bentuknya oval. Sebenarnya bukan cuma oval louwh, banyak jenis tip. Nehh :
  1. Round/Small(Bulat/Kecil) : Menghasilkan suara yg jelas n bersih. Bagus untuk musik Jazz
  2. Oval : Suaranya cenderung 'gelap', n dapat untuk berbagai macam permainan
  3. Teardrop : Suaranya kaya akan tone n cocok untuk permainan rock
  4. Acorn : Suaranya 'gelap', cocok untuk permainan percusi
  5. Round/Large(Bulat/Besar) : Suaranya kaya' yg kecil, cuma menghasilkan suara lebih keras, memukul bell menjadi lebih mantabh
  6. Barrel(Kotak) : Suaranya jernih n cocok untuk live
  7. Butt(Gx ada apa2nya) : Suaranya tebal n cocok untuk permainan berat(metal)
  8. Arrowhead(Mata Panah) : Tone yg dihasilkan lebih tajam.
Silakan.. Cocok yg manaa ????

Cara Memilih Stik yang Benar

Saat ini banyak sekali merk stik yg dipalsukan seperti Zildjian, ProMark seri HotRods n VicVirth. Tapi, ada keanehan pada stik asli seperti ProMark, stik ProMark berat di depan(di atas), n stik Vater memiliki karakter stik yg berbeda, SEKALIPUN BENTUK N SERI SAMA. Berikut ini ciri-ciri stik abal2 :
  1. Stik tidak imbang kanan-kiri
  2. Pitch suara yg dihasilkan tidak sama kanan-kiri
  3. Harga murah
  4. Label merk tidak rapih
  5. Dapat didapatkan secara mudah, tidak pasti di toko musik
Sedangkan berikut ini adalah ciri2 stik yg asli :
  1. Stik berharga cukup mahal
  2. Biasanya hanya dapat ditemukan di toko khusu penjual alat musik
  3. Dua pasangnya imbang
  4. Menghasilkan pitch yang sama
  5. Stik setiap stik biasanya sudah terdaftar di situs stik
Untuk antisipasi, nehh , qw kasih tips2 memilih stik yg benar :
  1. Jika stik berada di dalam wadah plastik, minta tolong pada mbak/mas-nya untuk dibuka, gelindingkanlah stik di bidang datar, apabila tip/ujung stik bergoyang itu berarti stik tidak imbang
  2. Pukul2kan pada karpet/drumpad, apabila itu memang seleramu, ambillah
  3. Pukul2kan pada simbal, apakah memiliki pitch yg sama kanan-kiri-nya ?? jika iya, ambil n jika tidak, minta yg lain
Yaa, segitu informasi yg dapat aku sampaikan tentang stik ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar